Peta Jakarta - Visibility of system status

01.05


Halo, ketemu lagi dengan gw disini. Pada kesempatan ini gw mau jelasin tentang visibility system status dari kuliah Interaksi Manusia Komputer pengukuran Nielsen untuk 10 Usability Heuristics for User Interface Design pada website http://www.petajakarta.org .


Visibility of system status
Sebuah sistem harus selalu memberikan informasi tentang apa yang terjadi pada sistem, melalui umpan balik pada waktu yang sepantasnya.

Masalah 1 - 2 Scroll bar pada navigasi
Terjadi masalah pada modal yang ditampilkan pada menu peta ketika mengklik tombol informasi laporan dan peta. Ketika pengguna melakukan scroll diluar dari kotak modal maka scroll yang aktif adalah scroll yang berada diluar halaman. 

Penggunaan modal dapat membantu pengguna dalam melihat informasi mengenai informasi laporan dan peta. Namun apabila informasi yang ditampilkan cukup banyak seperti modal informasi laporan di rekomendasikan menggunakan halaman penuh atau gunakan modal yang lebih besar.

http://petajakarta.org/banjir/in/map/

Masalah 2 - Level Detail
Pada petajakarta yang terlihat pada gambar dibawah. Kita dapat melihat level detail untuk informasi petajakarta namun kurang mendetail hanya pada informasi peta saja (Pintu air, Pompa Air) tapi bentuk laporan tweet tidak ditampilkan.

Apabila laporan indivdu tidak ditampilkan setidaknya diberikan informasi mengenai ringkasan tweet atau tanggal terakhir suatu laporan tweet dibuat. Sehingga relevansi informasi dapat dipertanggung jawabkan apabila ada pihak yang menginginkan penggunaan data dari petajakarta.



http://petajakarta.org/banjir/in/map/

Severity Rating
2 : Minor usability problem: fixing this should be given low priority 

You Might Also Like

0 comments