Peta Jakarta - Recognition rather than recall

22.04


Halo, ketemu lagi dengan gw disini. Pada kesempatan ini gw mau jelasin tentang visibility system status dari kuliah Interaksi Manusia Komputer pengukuran Nielsen untuk 10 Usability Heuristics for User Interface Design pada website http://www.petajakarta.org .

Recognition rather than recall
Meminimalkan penggunaan memory pengguna dengan membuat objek, aksi dan opsi terlihat. Pengguna tidak harus mengingat informasi dari beberapa dialog dan lainnya. Instruksi untuk penggunaan sistem seharusnya tersedia atau dengan mudah diterima ketika dibutuhkan.

Masalah 1 - Representasi Ikon dan Tagline
Penggunaan icon adalah salah satu cara yang digunakan pada aplikasi web saat ini untuk memudahkan pengguna dalam proses mengingat dan memahami. Karena pengguna dapat memahami gambar secara lebih cepat dibandingkan text. Setiap gambar harus di representasikan juga dengan menggunakan text agar pemahaman yang diberikan bersesuaian dengan tujuan dari sistem.

Namun, text dan icon harus berkesinambungan sebagai contoh untuk gambar manusia dan tablet dibawah. Apakah akan lebih baik bila Tagline nya adalah

                     Berkicau                                                                               Peta
     Kicaukan Banjir di PetaJakarta                                           Lihat Kicauan di PetaJakarta

http://petajakarta.org/banjir/in/

Masalah 2 - Jumlah Informasi dan Typography
Akan sangat mudah membimbing pengguna apabila pengguna sudah familiar dengan sistem yang diberikan. Pada petajakarta penampilan informasi akan sangat menentukan jumlah penggunaan fitur - fitur pada petajakarta. Sebagai contoh kita dapat membedakan antara Google Developers dan PetaJakarta.

Dimana website Google Developers lebih menekankan penggunaan warna, typography dan icon sehingga banyak sekali para pengguna yang kemudian tertarik dan kemudian menggunakan fitur yang diberikan pada layanan Google Developers ini.

http://petajakarta.org/banjir/in/data/api/

Severity Rating
3 : Major usability problem: important to fix, so should be given high priority 

You Might Also Like

1 comments

  1. Paling setuju nih sama representasi icon dan tagline, karena makna gambar itu berarti luas dan harus tepat pemilihan katanya.

    si cece minum es degan, Nice post gan! :D

    BalasHapus