Peta Jakarta - Aesthetic and minimalist design

22.40


Halo, ketemu lagi dengan gw disini. Pada kesempatan ini gw mau jelasin tentang visibility system status dari kuliah Interaksi Manusia Komputer pengukuran Nielsen untuk 10 Usability Heuristics for User Interface Design pada website http://www.petajakarta.org .

Aesthetic and minimalist design
Dialog seharusnya berisikan informasi yang dibutuhkan atau relevant. Setiap unit tambahan atau informasi dalam dialog berlawanan dengan informasi utama dan penggunannya harus seminimal mungkin.

Masalah 1 - Header? Jumbotron? Tagline?
Kita perlu memperhatikan penggunaan header dan tata letak agar maksud yang disampaikan pengguna dapat tersampaikan dengan baik dan akurat. Petajakarta menggunakan dialog jumbotron yang besar dan juga logo2 sponsor pada halaman paling atas. Hal ini akan menghancurkan focus pengguna kepada kontent dan malah menjadikan logo sponsor yang berada urutan paling atas menjadi focus utamanya.

http://petajakarta.org/banjir/in/

Salah satu solusi untuk memberikan focus yang lebih baik kepada pengguna adalah dengan memunculkan content terpenting dan mereposisi penggunaan dialog sponsor yang kurang dibutuhkan sebagai contoh pada website CEBAN.

http://ceban.herokuapp.com/

Masalah 2 - Sebuah gambar bermakna ribuan kata
Karena petajakarta adalah salah satu website layanan masyarakat maka setiap pesan yang diberikan dan representasi yang diberikan harus unik agar pengguna tertarik dan kemudian dapat menggunakan aplikasi petajakarta. Perhatikan halaman Instruksi dan Tentang kami :

http://petajakarta.org/banjir/in/

Penggunaan gambar karyawan pns jakarta mungkin sudah cukup menarik tetapi bukankah akan lebih menarik dan seksi apabila penggunaannya lebih ditujukan kepada representasi yang bersifat ajakan dan unik seperti dibawah ini :

http://ceban.herokuapp.com/

Severity Rating
3 : Major usability problem: important to fix, so should be given high priority 

You Might Also Like

2 comments

  1. Saya setuju dengan kata "Sebuah gambar bermakna ribuan kata". Dengan satu gambar yang jelas, bisa membuat user paham tanpa harus membaca penjelasannya.
    Ada atap dirumah morgan, mantap gannnn.....

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan kata "Sebuah gambar bermakna ribuan kata". bagus gan lebih userability

    BalasHapus