Peta Jakarta - Consistency and standards

21.18


Halo, ketemu lagi dengan gw disini. Pada kesempatan ini gw mau jelasin tentang visibility system status dari kuliah Interaksi Manusia Komputer pengukuran Nielsen untuk 10 Usability Heuristics for User Interface Design pada website http://www.petajakarta.org .

Consistency and standards
Pengguna seharusnya tidak harus mempertanyakan mengenai perbedaan kata, situasi atau aksi yang berarti hal yang sama. Dimana sebuah sistem harusnya mengikuti konfensi platform.

Masalah 1 - Perubahan Bahasa
Petajakarta menggunakan perubahan bahasa dengan penggunaan kata dibandingkan dengan gambar padahal pada konfensi platform kebanyakan diantara platform web menggunakan gambar atau bendera suatu negara untuk perubahan bahasa sebagai contoh website IPB yang menggunakan gambar bendera inggris dan indonesia sebagai perubahan bahasa,

http://petajakarta.org/banjir/in/

Masalah 2 - Ukuran Inkosisten
Sebuah website yang baik harus memperhatikan penampilan informasinya apabila terlalu banyak blank space maka pengguna akan merasa kurang focus terhadap kontent yang diberikan oleh website. Alangkah baiknya informasi ditampilkan lebih besar agar pengguna bisa lebih berfokus pada content yang diberikan.

http://petajakarta.org/banjir/in/analytics/

Severity Rating
2 : Minor usability problem: fixing this should be given low priority

You Might Also Like

2 comments

  1. Nice Info gan, tp Dalam prinsip Consistency and Standards pada web Peta Jakarta secara default menggunakan bahasa Indonesia, tetapi ada menu dengan kata "Analytic" yang merupakan Bahasa Inggris. Seharusnya jika defaultnya bahasa indonesia gunakan Kata "Analitik" yang merupakan kata berbahasa indonesia.

    BalasHapus
  2. iya saya setuju dengan perubahan bahasa, kalau dengan icon pasti pengguna bisa memilih dengan cepat, namun kalau teks harus dibaca satu persatu dulu jadi lama

    BalasHapus