Peta Jakarta - Help and documentation

02.30


Halo, ketemu lagi dengan gw disini. Pada kesempatan ini gw mau jelasin tentang visibility system status dari kuliah Interaksi Manusia Komputer pengukuran Nielsen untuk 10 Usability Heuristics for User Interface Design pada website http://www.petajakarta.org .


Help and Documentation
Meskipun lebih baik jika sebuah sistem dapat digunakan tanpa dokumentasi, tetapi mungkin hal tersebut juga diperlukan untuk memberikan bantuan pada pengguna dalam penggunaan aplikasi. Berbagai informasi seharusnya juga lebih mudah untuk dicari, fokus pada pengguna, memberikan langkah konkrit, dan tidak terlalu besar.

Masalah 1 - Bantuan Peta Jakarta
Aplikasi web adalah aplikasi yang sangat riskan terhadap permasalahan penggunaan dikarenakan banyak sekalian varian aplikasi web yang tersedia diinternet. Pada petajakarta kita hanya melihat beberapa hal seperti video petajakarta, instruksi dan tentang kami sedangkan hal seperti penggunaan dan manfaat Peta, Analytics, dan Data tidak dijelaskan lebih lanjut.

Penggunaan aplikasi smartcity petajakarta sekarang dominan digunakan oleh perusahaan besar  dimana masyarakat umum jarang sekali yang menggunakannya. Menurut saya, salah satu cara menarik masyarakat umum agar terus menggunakan aplikasi ini adalah dengan cara membuat dokumentasi penggunaan dan testimonial yang jelas terhadap aplikasi petajakarta.

Sebagai contoh seperti Wufoo salah satu startup untuk membuat form secara online yang memberikan guides kepada pengguna nya agar pengguna dapat dengan mudah mencari dan menggunakan Wufoo.

http://petajakarta.org/banjir/in/

Masalah 2 - Dokumentasi API
Petajakarta adalah salah satu aplikasi yang powerful dikarenakan terdapat banyak dukungan teknologi di dalamnya dari pemerintah dan swasta. Petajakarta juga merupakan salah satu komunitas yang cukup besar di jakarta dalam pengawasan masalah banjir. Salah satu fitur yang diunggulkan pata petajakarta untuk kalangan komunitas adalah layanan API (Application Programming Interface).

Namun, sangat disayangkan dokumentasi penggunaan petajakarta sangatlah minim sehingga para pengguna jarang sekali yang menggunakan fitur API ini. Sebagai contoh untuk membuat dokumentasi yang baik buatlah berbentuk subbab dan gunakan contoh agar mudah dipahami oleh pengguna. Salah satu website untuk referensi dokumentasi yang baik adalah Wufoo.

http://petajakarta.org/banjir/in/data/api/

Severity Rating
3 : Major usability problem: important to fix, so should be given high priority 

You Might Also Like

0 comments