Belajar bareng pinguin linux ubuntu 14.04

11.09

 
Ubuntu 14.04 - with Cute Kity

Gambar diatas itu screenshot desktop gw by the way. lucu ya, ada si kity.
 Biarpun hoby ngoding dan designing  tetep aja harus sayang sama kity :D


Okey, hari ini kita agak bahas tentang si kity tapi kita akan bahas tentang  ubuntu. Ada beberapa alasan si gw migrasi ke ubuntu dari windows meskipun gak full migrasi tapi dual boot alias 1 Hati 2 Cinta.... 
Kalo belum ngerti ubuntu kata om wiki si gini :

Ubuntu is a Debian-based Linux operating system, with Unity as its default desktop environment. It is based on free software and named after the Southern African philosophy of ubuntu (literally, "human-ness"), which often is translated as "humanity towards others" or "the belief in a universal bond of sharing that connects all humanity".

Alasan utama sih karena kuliah, ada mata kuliah sistem operasi di kampus yang nyebelin parah jadi mau gak mau, malu malu tapi mau ya harus install deh. Tapi sih gw gak sedih karena banyak hal yang bisa gw ambil dari linux bukan dari mata kuliahnya ya :v #kacauckckck


Hal yang pertama gw dapet yaitu gw bisa belajar banyak dari si terminal meskipun kebiasaan jelek kita di windows yang apa apa serba GUI sekarang malah pake terminal mulu, bagi sebagian orang bilang pasti bilangnya pusing.

Tapi ambil sisi positive nya deh kita jadi belajar banyak gimana sih sebenernya sistem komputer bisa berjalan, kalo kita ngejalanin program atau ngasi perintah dia bentuknya gimana si? itu si hal pertama yang gw pelajarin.



Yang ke dua, gw belajar banyak tentang apache, php, mysql, dan phpmyadmin. Coba deh kalo di windows gw yakin kebanyakan dari kita biasanya kalo belajar web programming pasti ngambilnya software paketan kayak xampp, wampp, etc iya apa iya?. 

Di ubuntu juga ada software paketan kayak gitu tapi akan lebih asik bro kalo kita belajar langsung dari sumber nya alias intall satu satu. Dan di ubuntu install nya juga gampang banget tinggal buka terminal masukin perintahnya terus dia otomatis nginstall. Keren kan..


Dan yang terakhir kenapa gw datang ke ubuntu itu karena git. Dulu kebanyakan gw kerja sendiri untuk ngerjain masalah2 website tapi sejalan nya waktu tampaknya gak mungkin bro karena aplikasi nya makin gede dan kompleks jadi mesti kerjain bareng2 nah disinilah om git bantuin gw. Buat yang gak tau om git itu apaan nih dari om wiki :

Git is a distributed revision control system with an emphasis on speed, data integrity, and support for distributed, non-linear workflows. Git was initially designed and developed by Linus Torvalds for Linux kernel development in 2005, and has since become the most widely adopted version control system for software development.

Sempet baca2 banyak juga si tentang ubuntu dan gw banyak artikel menarik nih buat kita baca bareng oke gw bagiin ya :

So, thanks banget udah nyimak gw harap bermanfaat ya sekian dari gw makasih ya udah dateng ke blog gw :D

Referensi :
http://www.ubuntu.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Ubuntu_%28operating_system%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Git_%28software%29

You Might Also Like

0 comments