Gambar jadi coding seriusan? Menggunakan Codeblocks dan OpenGL :O

02.59


Hi, pada post kali ini gw mau sharing tentang gimana caranya convert dari Gambar (.jpeg/.jpg, .bmp, .png) ke bentuk text dan di translasikan ke CodeBlocks dan OpenGL. Seru banget lah pokoknya bro :D hehe


Oke sebelum gw kasih tutorial, gw mau cerita dulu kenapa gw bikin tutorial ini sebenernya si ini salah satu cara nakal gw buat ngakalin tugas dari dosen gw di kampus hahaha...
Kok bisa? Yalah, orang yang lain ngoding gw tinggal generate doang ckckck... :p

Coba bayangin :
Gambar nya akbar #temen gw


Rumah PixelArt #GambarGw

Asik gak tuh atau lo mau convert photo Ralin misalnya :

RalinPictures

haha,, tapi seriusan bisa lo kalo lo mau convert photo raisa diatas jadi ke OpenGL. Oke langsung aja ni deh daripada penasaran gw kasih tau caranya, gini gini :

1. Download dulu bro toolsnya ImageMagick (Download)
2. Install aplikasinya :

3. Buka CommandPrompt jalanin perintah ini buat test ImageMagick nya :


4. Kalo gak ada error berarti udah berhasil tuh nah sekarang tinggal convert gambar yang kita mau ke bentuk Text yang format RGB :

buka CommandPrompt ganti ke direktori gambar disimpan

jalanin perintah convert buat ngerubah ke bentuk Text RGB

tampilan hasil textnya

5. Nah sekarang kan udah berubah jadi text nih. Sekarang tinggal nyiapin text nya aja supaya bisa dibaca sama CodeBlocks dan OpenGL nya :

hapus line pertama dari text

buka text-mechanic ubah delimiter jadi "#" -> copy raline.txt ke text-mechanic  -> extract column -> copy kan kembali ke raline.txt

buka text-mechanic ubah find this ": (" dan replace with "," -> copy raline.txt ke text-mechanic

masih di halaman yang sama ubah find this " " dan replace with "" -> copy kan kembali ke raline.txt

buka text-mechanic ubah prefix ""RecPoint(" dan suffix ";" -> copy kan raline.txt ke text-mechanic -> copy kan kembali ke raline.txt

6. udah selesai nih tinggal jalanin buka codeblocksnya sekarang terus OpenProject FlatHouse abis itu paste kan raline.txt ke fungsi displayText() coba jalanin deh :D

Sebenernya, tugas kampusnya simple sih cuma buat rumah doang tapi dikarenakan rasa males yang gede gak ketolong jadi yasudahlah generate aja :p ahaha 

OpenGL Project Download :

You Might Also Like

2 comments

  1. gan di textmechanic nya ane dah nyoba berkali-kali kenapa gagal terus?

    BalasHapus