Kisah dibalik Kesuksesan Pixar Animation Studio

08.52


Hi, ketemu dengan gw lagi mahasiswa yang gak bosen2 ngeblog dan rada go blog. :D #nyahaha

Oke tanpa banyak cing cong, kali ini gw mau cerita lagi tentang grafika komputer. Tenang tenang, karena gw orangnya rada go blog, jadi gw akan cerita semuanya dari awal okey, siplah pokoknya. Kali ini temanya tentang si


RenderMan
The ultimate creative tool for creating picture from idea

Jadi, cerita nya gini..
Bdw, udah pada tau tentang Computer Graphics / Grafika Komputer kan?
Haduh, mau jadi apa lo bro bro.. T_T #sedih

Oke oke gw akan ceritain ke kalian yang dimaksud Computer Graphics / Grafika Komputer tuh apaan sih?. Nah kalo kata mbah google itu gini bro :

Grafika komputer (bahasa Inggriscomputer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3Dpemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

apaan tuh ya :O #nyahaha
oke jadi gampang nya gini komputer grafik itu ibaratnya kayak LUKISAN/ANIMASI yg bikinnya pake KOMPUTER bro..:

3D Animation by Pixar

2D Animation by Disney

Tapi, dia gak cuma bertugas bikin doang bro, dia juga memanipulasi gambarnya supaya proses nya lebih cepat dan akurat. Udah ngerti? Sebagai contoh kita sering liat juga kok banyak sekarang iklan2 di tv atau pun di media internet yang dibuat pake manipulasi digital kayak iklan jus, permen dll..

By the way, kita gak akan bahas semua film disney pixar disini tapi lebih ke gimana teknologi di belakangnya bro. Sebenernya ada satu hal yang gw suka banget dari filmnya disney pixar, yaitu rendering animasi yang gila banget dan superdetail itu keren parah bro. Lo tau gak dibalik kesuksesan animasi pixar, ternyata ada kunci nya bro dan lo tau itu apaan, ternyata itu si :

RenderMan
The ultimate creative tool for creating picture from idea

Gak tau kan, gw juga baru tau tadi :p #nyahaha
Jadi kalo kata mbah google RenderMan itu :

RenderMan (formerly PhotoRealistic RenderMan),[2] RenderMan Studio and RenderMan Pro Server are proprietaryphotorealistic 3D rendering software based on their own RenderMan Interface Specification. It is produced by Pixar and is used to render all of their in-house 3D animated movie productions. It is also available as a commercial product licensed to third parties. It primarily uses the Reyes algorithm but is also fully capable of doing ray tracing and global illumination.

Nah, si RenderMan inilah yang bertugas menghasilkan gambar 3D pada film2 animasi pixar. si RenderMan ini tersedia dengan paket komersil maupun gratisan jadi kita juga bisa bro bikin film2 animasi yang keren abis. Mau liat hasil nya kayak apa coba liat ni :


Toy Story 3 by Disney and Pixar
atau
http://renderman.pixar.com/view/movies-and-awards


Gilaaaaaaa,,, Kereennnnn,,, Bangeettttt,,,,

Dan gw yakin beberapa dari kita pasti udah pernah nonton film2nya RenderMan juga iya apa iya..
Itulah rahasia nya Toy Story buatan Pixar Disney yang diproduseri Steve Jobs ini mendulang kesuksesan yang luar biasa. 

Tahun lalu tepatnya 8 Agustus 2014 di SIGGRAPH Conference, Pixar mempresentasikan produk terbarunya yang disebut RenderMan with RIS Framework. Makin keren aja bro gw sebutin aja salah satu fiturnya yang disebut dengan Interactive Rendering coba liat hasilnya nih bro :


Pencahayaan yang baik dapat membuat gambar jadi lebih futuristik, nyata, dan hidup. Dengan menggunakan Interactive Re-Rendering dari fitur Interactive Rendering maka proses pembuatan gambar akan menjadi lebih cepat dan akurat bro jadi gambar yang dihasilkan juga jadi maximal.

Atau coba cek yang ini bro nama tekniknya Interactive Subsurface Scattering masih sama dari Interactive Rendering :



Seorang seniman atau 3D animator membutuhkan suatu alat yang tepat untuk menghasilkan karya terbaiknya. Teknologi adalah sebuah kanvas digital bagi seorang seniman untuk menggambar dan menghasilkan kreatifitas tanpa batasnya.

Be More Creative and Change The World
Go Indonesian 3D Animator

Refensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://en.wikipedia.org/wiki/RenderMan_(software)
http://www.siggraph.org/
http://renderman.pixar.com/view/renderman

You Might Also Like

0 comments