Google Tidak Pernah Selesai

06.56

Habis baca majalah lama nemu article keren nih. Nelson Mattos, kepala pengembang Google Eropa yang banyak bercerita seputar keberhasilan dan bagaimana tuntutan mesin pencari di masa depan.



Mr. Mattos, apa sebenarnya motivasi anda bekerja di Google?
Pekerjaan ini menarik. Perusahaan ini cukup inovatif. Disini dikembangkan teknologi untuk internet yang merupakan masa depan IT. Bila dibandingkan dengan perusahaan tradisional, budaya kerjanya sangat berbeda. Kami berkonsentrasi pada ide ide baru dan mempertimbangkan sisi komersialnya.

Apa yang menjadi inovasi terakhir dari Google? Google Mail?
Menurut saya, Google Sky, Android, Open Social. Semuanya yang kami baru tawarkan ke pasar. Banyak juga feature feature kecil yang senantiasa kami kembangkan. Misalnya, mesin penerjemah. Kedepan nya, pengguna dapat langsung berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan bahasa yang berbeda.

Android masih belum diluncurkan ke pasar. Mengapa Google sampai harus menghabiskan waktu dua kuartal untuk sistem operasi perangkat mobile?
Android tidak sekedar sebuah produk yang unik. Sistem ini merupakan platform yang terbuka. Pengembangan nya dilakukan oleh banyak perusahaan. Google membentuk platform, perusahaan lain menciptakan aplikasi nya dan menyiapkan perangkat. Inilah yang menjadi alasan mengapa Android masih belum selesai dalam beberapa bulan ini.

Apakah inovasi tanpa partner masih dapat dicapai?
Google berbasis pada standard standard terbuka. Standard internet yang terbuka merupakan kesuksesan dari perusahaan. Transparansi ini juga menjadi faktor keberhasilan internet masa depan dan pengembangannya. Bila, ingin terbuka, tentu membutuhkan partner.

Google-labs menyediakan banyak hiburan, meja bilyar, mesin makanan, football tabel. Apa lagi yang disediakan perusahaan?
Saya tidak harus bekerja di kantor. Saya bisa bekerja dengan laptop saya di mana saja. Lab terhubung secara wireless. Tempat favorit saya adalah perpustakaan. Disana tempatnya nyaman sehingga saya betah bekerja. Saya tidak melarang orang untuk berbaring di bathtub. Namun, kesan yang santai terkadang berubah. Semua orang wajib membuat sebuah inovasi dan merancangnya. Tentu saja, kami sangat bebas bekerja di Google. Namun target kuartal ini cukup berat.

Google mempunyai motto, "Don't be evil". Apakah banyak ide ditolak karena tidak sesuai dengan motto ini?
Kami mennolak ide yang dalam bahasa kami disebut anti-"googeley". Sebagai cotoh, pernah seorang engineer memberikan presentasi sebuah ide di depan pendiri perusahaan Larry Page dan Sergey Brin. Menurutnya, Google akan memperoleh banyak keuntungan. Kemudian Larry dan Sergey bertanya, "Jadi, apa keuntungannya bagi pengguna?" Ia tidak dapat memberikan jawaban. Akhirnya ide tersebut hanya terongok di atas meja. Bila pengguna tidak memperoleh nilai lebih, proyek tidak dapat dilanjutkan.

Menurut anda, mengapa Microsoft Live Search tidak sukses?
Hasil pencarian tidak selalu akurat. Pengguna ingin hasil pencariannya  relevan.

Google juga tidak selalu memberikan hasil yang relevan dan sekarang ada konsep pencarian seperti wikia search. Apakah konsep ini bisa menjadi saingan yang serius?
Bila pengguna Google tidak mengklik hasil yang ditampilkan bisa jadi mereka tidak puas dengan pencarian kami. Beginilah kami melihat apakah hasil pencarian kami relevan atau tidak. Tentu saja, kami terus bekerja agar pencarian menjadi lebih baik. Kami tidak pernah mengatakan bahwa "produk tersebut sudah selesai" kemudaian berdiam diri. Saat mencari, anda akan mendapat ribuan hasil. Bukankah lebih baik apabila hasilnya hanya satu yang terbaik dan relevan.

Bisa disebutkan lima hal yang harus dikuasai mesin pencari dalam lima tahun mendatang?
Mesin pencari harus mampu menampilkan format file yang berbeda, yaitu gambar, teks, dan dokument. Kedua, pengguna harusnya tidak lagi mengetik pertanyaan, melainkan tinggal menyebutkannya saja dan ini yang ketiga, dalam berbagai bahasa. Keempat, cloud computing kini menjadi lebih penting. Setiap saat anda dapat mengakses email, kalender, atau kontak pada ponsel anda. Terakhir, tentu saja mobile search.

Di mana Google berada pada lima tahun ke depan? Sejajar dengan Microsoft atau malah dilupakan seperti Netscape?
Kami tidak melihat seperti itu. Kami tidak pernah berpikir bahwa besok kami lebih besar atau lebih baik dari Microsoft. Saya melihat pada pengguna. Saya selalu berpikir bagaimana orang dapat menyampaikan informasi ke seluruh dunia. Ini yang menjadi motivasi saya dan tidak hanya saya, melainkan juga rekan kerja saya lainnya.

You Might Also Like

0 comments