SONY VAIO VPCF21Z1E/BI REVIEW - Desain yang Menggoda

16.56

Teknologi 3D yang kini sedang marak menggugah Sony untuk terut meramaikan pasar lewat VAIO VPCF21Z1E/BI. Meskipun laptop ini tidak memiliki kemampuan grafik terbaik dalam grup, tapi masih layak menjadi media center 3D yang andal.

Sasis 16 incinya juga bukan yang paling besar dalam grup, tapi tetap saja tidak bisa dibilang ramping. Berat 3,2 kg dan tebal 53 mm sepertinya menunjukkan laptop ini akan paling tepat untuk pemakaian di rumah. Kalau harus membawanya, baterainya terhitung memadai dengan kemampuan beroperasi selama 175menit.

Desainnya high end. Permukaan plastiknya berwarna hitam mengkilap dan area telapak tangannya matt. Sasisnya menunjukan kualitas serius dan berdesain miring sehingga lebih nyaman dipakai mengetik. Permukaan yang mengkilap memangmembuat bekas jari mudah terlihat, tapi tak masalah kalau anda rajin membersihkannya.

Untunglah tombol tombol plastik pda keyboard model terisolasinya yang luas memiliki permukaan yang tidak mengkilap. Papannya kadang akan sedikit memantul saat dipakai mengetik, tetapi tombolnya responsif dan tetap nyaman dipakai mengetik cepat.

Keunggulan laptop ini terletak pada layar 16 incinya. Meski bukan panel yang paling cerah, warna tetap tampil hidup dengan kekontrasan yang tajam dan warna hitam yang dalam. Permukaannya tidak mengkilap sehingga refleksi akan tereliminasi, sementara resolusi HD menandakan anda bisa menonton film high definition blu-ray dengan segala keistimewaannya.

3D Menyenangkan
Efek 3D disajikan melalui kacamata active shutter merk Sony. Seperti juga kacamata dari laptop lain, kecuali HP, kacamata Sony juga mengurangi sensasi warna dan kecerahan layar, tapi efek keseluruhannya mengesankan. Gambar yang seolah keluar dari layar memberikan pengalaman 3D yang sungguh menyenangkan.

Kartu grafis nVidia menyajikan cukup tenaga untuk menjalankan games paling baru. Kemampuan grafisnya masih kalah dengan pesaing lain dalam grup, sehingga beberapa games akan sedikit sulit dijalankan dengan lancar, tapi tenaganya mash cukup untuk mengedit foto atau high definition video.

Performa home office dari laptop ini sempurna. Dengan procesor dari seri cutting edge Intel Sandy Bridge, multi tasking kompleks bisa ditangani dengan mudah dan hanya sedikit laptop yang sanggung menyamai kemampuannya ini.

Fitur dan komponen lainnya juga mengesankan. Hard Drive 640GB memberikan kapasitas penyimpanan sempurna dan optical drive nya dapat melakukan burning Blu-ray disc, CD dan DVD. Software Microsft Office 2010 Starter juga disertakan sebagai standar yang menambahkan nilai pada harganya.

Performa grafis yang kurang memuaskan sangat disayangkan namun potensi sarana hiburan 3D yang dimiliki VAIO VPCF21Z1E/Bi ini sulit ditandingi.

Website
SONY

Review



You Might Also Like

0 comments