Aplikasi Jenius dari Bank BTPN. Beneran Jenius gak sih?

04.09


Hi, saya agung kali ini saya mau review fitur2 pada aplikasi Jenius dari Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN). Buat yang belum tau jenius itu apa. Kalo dari bahasannya mas ochoy, 'jenius itu aplikasi life finance yang ditujukan buat generasi milenial dan generasi digital Indonesia'.

saya setuju banget sama mas ochoy, cuma untuk nambahin detailnya jenius itu aplikasi finance yang punya segudang fitur yang diantaranya Internet Banking, Personal Finance, dan Payment System.

Dan kalo menurut saya ini inovasi yang luar biasa banget dari suatu bank yang kemudian bisa mengimplementasikan fitur2 diatas kedalam satu aplikasi. Untuk bank-bank lain indonesia sepertinya bakalan sulit untuk ngikutin (5-10 tahun lagi mungkin). #mantap #jenius

Oke apaan sih fitur2 yang saya sebutin diatas. Yup gini penjelasannya :

1. Internet Banking & Mobile Banking

Ok, jadi Internet Banking adalah suatu sistem yang memudahkan pelanggan bank untuk melakukan transaksi secara online yang dapat diakses melalui website, sebagai contoh klikbca.com / jenius.com. Terus Mobile Banking apaan? Ya kalo mobile banking transaksinya di HP kita cuy.

Kalo di jenius itu terintegrasi jadi satu, sekali registrasi bisa langsung dapet Internet Banking & Mobile Banking juga. Kalo di bank lain biasanya harus aktifasi dulu dan terpisah, bisa juga di aktifin keduanya sekaligus tapi cara kerjanya agak beda. Lah bedanya apa?

Bedanya, kalo aktifasi Internet Banking di bank lain biasanya dapet token (liatgambardibawah) nah token itulah yang bakalan digunakan saat kita mau transaksi. Sedangkan untuk aktifasi mobile banking biasanya kita diminta untuk mendownload aplikasi mobilenya dari bank tersebut lalu nanti mereka aktifasi (tetep harus ke bank). Ah ribet amat bang. #emang :v

kebanyakan bank masih menggunakan secure token.

Nah, kebanyakan pelanggan internet banking itu sering lupa membawa token nya, masalah terjadi kalo ada transaksi dadakan dan kita lupa bawa token. Dan belum lagi kalo hilang, harus antri 2 jam dulu di banknya dan bayar lagi. Ah makin ribet bang. #emang :V

Kalo kita daftar di jenius, kita gak perlu ke bank pake hp aja selfie, photo ktp ma npwp jadi deh lengkapnya disini. Bang saya udh daftar jenius kok gak dapet token? 

Nah, itu lebihnya jenius kita gak perlu lagi bertransaksi menggunakan token. Akan tetapi peran token sendiri digantikan dengan PIN, Password, dan 2 Factor Authentication via SMS dan Email. #JeniusIsntIt

Bang gak ngerti, ya intinya itu cara supaya kita bisa tetep bertransaksi secara aman. Sisanya gak usah dipikirin. #malesjelasin :v

2. Personal Finance

Yuk lanjut, artinya dulu ya jadi Personal Finance itu adalah manajemen keuangan yang dilakukan oleh perorangan atau keluarga untuk mengatur Anggaran, Simpanan, dan Pengeluaran. Biasanya ini dialakukan dengan cara melakukan pembukuan, ibu2 tuh sering. Untuk saya sendiri, biasanya dibantu dengan aplikasi seperti Google Sheet, atau Pocket Expense Berikut :

aplikasi pocket expense

Nah, jenius sendiri kemudian bergerak dengan fitur inovatifnya. Berikut fitur2 yang digunakan untuk manajemen keungan di jenius :
  • Anggaran melalui CardCenter
  • Simpanan melalui SaveIt (Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver)
  • Pengeluaran melalui SendIt
Untuk Anggaran kita bisa mengaturnya melalui CardCenter. Dari CardCenter itu kita bisa mengatur jumlah kartu yang akan kita gunakan contoh kartu A buat hangout, kartu B buat bill, dll.

Untuk Simpanan di aplikasi jenius kita bisa menggunakan (Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver) bedanya apa? Kalo Flexi Saver kita bisa simpan dan tarik kapan saja terus kita bisa dapet 5% P.A, lalu Dream Saver kita bisa membuat anggaran untuk penyimpanan otomatis bisa diatur harian/bulanan dan dapet 5% P.A, terus kalo Maxi Saver itu buat investasi bunga nya lebih tinggi 6% P.A. Oh iya, P.A itu artinya per annual / per tahun lebih lanjut bisa diliat disini.

Untuk Pengeluaran kita bisa mengaturnya melalui SendIt. Di SendIt kita bisa mengatur tagihan2 kita misalnya mau bayar listrik, internet, dll.

Gimana, lumayan banget kan dimana lagi ada aplikasi yang integrasi sama fitur personal finance. #JeniusIsntIt

3. Payment System

Payment System itu artinya suatu alat elektronik yang membantu kita untuk melakukan transaksi, secara online. Jadi dengan aplikasi jenius kita bisa menerima uang atau pun mengirim uang secara online dengan menggunakan cashtag antar sesama pengguna jenius. Kalo saya biasanya menggunakan online payment, seperti PayPal cara kerjanya sama sih cuma bedanya di jenius kita pake cashtag lambangnya $.

Oh iya, jenius juga nyediain fitur SplitBill lo jadi kita kalo nongkrong sama temen bisa patungan bayar, cocok banget nih buat temen yang kadang suka gak tau diri :p hehe

Kalo dari saya sendiri sih lumayan jarang pake fitur ini, cuma ya keren lah udah lumayan lengkap.

4. Service

Dari semua fitur diatas yang membuat saya lansung pindah ke jenius itu sebenernya layanannya sih. Ok buat tambahan ini beberapa layanan yang saya suka di jenius :
  • Proses pendaftaran online, meskipun pada area tertentu saja :p
  • Kehilangan kartu, bisa di proses melalui aplikasi dan dikirim kerumah
  • Kontak layanan jenius (email, telpon, datang langsung)
  • Transfer PayPal 1 Hari Kerja, setiap jam 09:00AM
  • Sudah menggunakan Debit Card VISA
Entah kenapa, sampai saat ini saya belum pernah ke BTPN sekalipun untuk mengurus masalah kehilangan, registrasi, dan menanyakan masalah terkait jenius semuanya saya lakukan secara online. Agak berbeda layanan support yang diberikan pada bank lain. #hebat

Terus pengalaman saya sebagai freelancer. Saya menggunakan PayPal untuk online payment dan pada bank lain biasanya untuk transfer memakan waktu antara 3-5 hari kerja. Tetapi berdasarakan pengalaman saya di jenius transfer hanya memakan 1 hari kerja dan itu sangat membantu sekali. #mantap

Selain itu juga jenius sudah menggunakan Debit Card Visa. Debit Card VISA itu artinya kita bisa menggunakan kartu jenius layaknya Credit Card jadi misalnya kita berlangganan layanan seperti Apple Music, Spotify, dll. Kita bisa bayar pake kartu jenius.

Kendala & Saran

Kalo dari semua fitur dan layanan jenius no complaint deh 5 star jenius banget. Tetapi beberapa kendala dan saran juga perlu di berikan agar jenius bisa lebih baik lagi :

Kendala

  • Untuk aplikasi iOS terkadang suka caching jadi harus login beberapa kali baru masuk
  • TouchID kadang suka tidak terdeteksi, saya malahan lebih sering pake pin sekarang

Saran

  • Saya kebayang, kalo jenius bisa develop digital wallet seperti TCASH dengan RFID. Sepertinya selain ke warkop saya gak bakalan bawa uang cash deh.

Referensi

5 Fitur Keren Jenius - https://siochoy.com/2016/09/23/5-fitur-keren-jenius-btpn-bank-reinvented/
Online Banking - https://en.wikipedia.org/wiki/Online_banking

You Might Also Like

0 comments