Web Search Engine

21.15



Sebuah mesin pencari web adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web. Hasil pencarian umumnya disajikan dalam garis hasil sering disebut sebagai halaman hasil pencarian mesin (SERPs). Informasi dapat menjadi spesialis di halaman web, gambar, informasi dan jenis file lainnya. Beberapa mesin pencari juga tambang data yang tersedia dalam database atau direktori terbuka. Tidak seperti direktori web, yang dipertahankan hanya oleh editor manusia, mesin pencari juga menjaga informasi real-time dengan menjalankan algoritma pada web crawler.

Jenis - Jenis Search Engine Site :

1. Crawler-Based Search engine
Seperti yang terlihat dari namanya, search engine jenis ini menggunakan robot atau crawler untuk mengumpulkan informasi dari jagat internet. Google dan Yahoo! memiliki robot yang bekerja terus tanpa mengenal lelah untuk mengumpulkan data-data dari seluruh penjuru dunia. Sebagai gambaran, saat ini Google menggunakan 4 robot yang masing-masing dapat melakukan penjelajahan sebanyak 100 halaman web/detik atau setara dengan 600Kb/detik ~ 72,180.17 GigaByte penambahan data setiap tahun nya.

2. Human-Powerd Web Directories
Berbeda dengan search engine yang menggunakan crawler atau robot untuk melakukan pengumpulan data, web direktori mengandalkan ketelitian manusia dalam melakukan seleksi dan pengelompokan website. Pengelompokan hasil pencarian juga tidak berdasarkan keyword, namun berdasarkan kategorisasi yang telah ditentukan dan juga berdasarkan urutan alfatebis. Beberapa contoh yang cukup populer adalah Open Directory Project (DMOZ), Yahoo directory, Google directory, LookSmart dan EuroSeek.

3. Hybrid-Search Engine
Tipe ini adalah search engine yang mengombinasi kan Crawler dan juga web direktori untuk menghasilkan hail pencarian yang relevan. Sebagai contoh misalkan ada sebuah website yang dikategorikan dalam web direktori sebagai perusahaan lokal penjual garmen di kota kudus, maka algoritma search engine hybrid tidak akan menampilkan website ini sebagai hasil pencarian penjual garmen di kota Chicago. Beberapa contoh search engine tipe ini adalah Google, ExactSeek, Lycos, dan Altavista.

4. Meta Search Engines
Search engine tipe ini pada dasarnya pengembangan dari berbagai search engine yang ada, karena mereka tidak melakukan pencarian dengan algoritma kompleks seperti tipe crawler atau hybrid. Tipe ini melakukan ekstraksi hasil pencarian dari berbagai search engine dan web direktori, kemudian melakukan pengelompokan data dan menampilkannya. Semakin sering sebuah halaman web ditampilkan pada berbagai search engine, maka halaman tersebut akan memiliki ranking yang tinggi di meta search engine. Contoh meta search engine adalah DogPile, WebCrawler, Excite, MetaCrawler, dan Ixquick.

Contoh - Contoh Search Engine :

1. Google (http://www.google.com)
Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online perangkat lunak.
Google.com


2. Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.
Yahoo.com


3. Bing (http://www.bing.com)
Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Bing.com

4. Altavista ( http://www.altavista.com )
Altavista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
Altavista.com


5. Ixquick (http://www.ixquick.com )
Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Menarik, bukan? Anda bisa menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick
Ixquick.com


6. Ebay ( http://www.ebay.com )
Ebay merupakan sebuah situs web lelang yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.
ebay.com

7. Excite ( http://www.excite.com )
Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo.
excite.com


8. Gigablast ( http://www.gigablast.com )

Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).
Gigablast.com

9. Aol ( http://www.aol.com )
Dulunya adalah perusahaan America Online, Inc., dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang berpusat di New York dan sebelum berstatus publik sejak tanggal 9 Desember 2009, AOL dioperasikan oleh perusahaan Time Warner. Pada saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna.
Aol.com

10. Ask ( http://www.ask.com )
Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.
Ask.com


11. Iwon ( http://www.iwon.com )
Iwon merupakan search engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan website untuk menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.
Iwon.com


12. Joeant ( http://www.joeant.com )
Joeant menawarkan direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.
joeant.com



13. Lycos ( http://www.lycos.com )
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Lycos.com


14. Mamma ( http://www.mamma.com )
Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.
Mamma.com


Kesimpulan :
Di zaman globalisasi ini dimana informasi tersebar sangat luas mesin pencari menjadi salah satu solusi untuk pencarian informasi yang akurat, prseisi dan terupdate di dunia online. Dan mungkin oleh sebab itulah kita dapat melihat Google, Yahoo, dan bahkan Microsoft menjadi salah satu perusahaan yang dengan kecepatan cahaya.

Selain didukung nya teknologi internet yang semakin hari semakin maju dewasanya mesin pencari juga menjadi salah pionir perkembangan aspek - aspek lain diluar dunia IT seperti bisnis, infrastruktur dan lain lain.

Jenis jenis mesin pencari dan contoh contoh yang diberikan diatas hanyalah segelintir aspek bukti perkembangan teknologi mesin pencari yang semakin berkembang. Sangatlah mungkin terjadi kembali perkembangan yang melebihi expectasi kita semua dimasa mendatang.

You Might Also Like

0 comments