Belajar HTML, Part 2 - Belajar Nulis!

09.07

MR.HOHO

cie cie yang udah lulus part 1, nah sekarang buat yang baru mulain belajar nulis si HTML oke ayo kita belajar bareng jangan mau kalah sama anak sd yang udah jago nulis.

berdasarkan penerawangan yang gw lakukan pada tutorial sebelumnya, yang belom baca. baca dulu lah Belajar HTML, Part 1 - Gampang lah! kalo gak salah gw bilang kalo untuk nulis HTML itu kita perlu format yah, yang kira kira kayak gini isinya :

- Setiap surat kan selalu di awali dengan Salam dan diakhiri dengan Penutup.
Sama halnya kayak HTML yang selalu punya Awalan dan Akhiran yang biasa disebut dengan tag.

yup bener untuk nulis surat yang bagus kita juga harus ngikutin format dan kaidah persuratan yang berlaku. Sekarang gw mau ngenalin format - format paling penting dalam penulisan surat yaitu :

Headings
Heading itu kepala surat, biasa dipergunakan untuk membuat judul atau kepala text.

Paraghraphs
Paragraphs itu paragraf dari surat yang kita buat.

Links
Links itu kop surat yang ditujukan ke siapa, yang nanti kalo di klik akan pindah ke halaman berikutnya.

Images
Images itu gambar, untuk nambahin gambar di surat.

Line Breaks
Linke Breaks itu spasi atau jarak antar baris.


oke2, jangan pada bingung dulu ya masih awal nih buat bingung. Sekarang kita latihan ya, gampang kok sekarang coba buka notepad nya terus ketikin ini deh :


mas - mas kok gak ada gambar nya ya? kenapa ya?
hmm.. coba, kamu bayangin deh kamu kan mau masukin gambar di surat tapi simpen nya gak satu amplop? apa jadinya? pasti berantakan kan?

nah untuk bisa nambahin gambar ke dalam surat kita harus naro gambar nya di amplop / folder yang sama :


setelah kita taruh di amplop yang sama coba klik 2 kali surat cinta nya :


keluar kan gambar nya :D hehe

fiuh, capek juga ya belajar bareng sama kalian. okey kita refreshing dulu ya, gw mau cerita tentang MR.HOHO. MR.HOHO itu sebener nya avatar penulusuran dari mbah Google. Meskipun gambar nya sederhana coba deh ada yang tau gak kenapa gw pilih MR.HOHO sebagai salah satu avatar gw?

MR.HOHO itu karakter yang memiliki mata berlawanan arah keatas dan kebawah. Gw pilih itu karena gw pengen menunjukan sisi kreatifitas yaitu dimana sebenernya untuk memunculkan kreatifitas kita harus melihat dari berbagai sudut pandang kehidupan yang berbeda.
#dalembanget :D hehe

KEMBALI KE LAPTOP...

Kenalan Sama Element
Bukan2, element tuh bukan nama merek dagang susu nutrisi pria. Element itu adalah isi dari tag nya si HTML / isi nya dari format surat. Jadi jangan salah paham ya.
Contoh :

Aku sayang kamu! adalah element dari tag h1 yang diapit oleh tag Awalan h1 dan Akhiran h1.

Namun, untuk kasus tertentu ada beberapa tag HTML yang tidak memiliki element seperti :
karena br tidak memiliki Akhiran.


Main bareng Attributes
Haduh, makanan basi apa lagi nih attributes. Tenang2, kita udah belajar kok gw cuma  mau nunjukin letak nya aja ya.

Nah, href="http://www.agungsundoro.com" yang namanya attributes tuh. Jadi Attributes itu adalah alamat nya yang ditujukan surat. Kalo misalnya kop surat nya ditujukan untuk AgungSundoro, berarti kita juga harus mendifinisikan alamat nya dong, yaitu http://www.agungsundoro.com nah attributes itu membantu kita mencari alamat kop surat menjadi lebih cepat.

attributes tidak hanya disediakan untuk links / kop surat saja tetapi juga tersedia untuk setiap tag HTML. attributes dipergunakan untuk menyediakan informasi tambahan pada setiap format HTML.


Sekarang udah pada bisa nulis surat cinta yang baik dan benar kan, nah ini salah satu kesempatan untuk para jomblowers dan jomblowati untuk menunjukan aksinya. Ayo buat latihan juga, coba lah buat surat cinta yang ditulis dengan si HTML yang ditujukan untuk pacar kamu..

Isi surat nya harus ada :
- Kop surat yang dituju (misal Dear Agnes Monica)
- Harus ada kepala surat
- Paragraf isi harus menggunakan isi dari curhatan hati yang sebenernya
- Tempatkan gambar orang yang disayang pada bagian bawah

Upload gambarmu di TinyPic dan postkan di komentar


Jadi, dalam versi gw :
Kenapa harus belajar nulis html?
Karena, nulis di web tuh penuh cinta & kasih jadi harus di pelajarin.
Kenapa nulis html harus pake format?
Karena, gw mau nampilin surat yang paling bagus biar banyak pengguna yang jatuh cinta samag gw. :D hehe

You Might Also Like

1 comments

  1. mas saya masukin gambarnya masih bingung ni
    gmn ya caranya saya masih kurang paham
    :)

    BalasHapus